contact me : cah.lanan6@gmail.com. Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Rabu, 06 Januari 2010

Pembunuh Massal Setan Tasmania

0 komentar

Setan Tasmania (Sarcophilus harrisii) atau dalam bahasa Inggris, Tasmanian Devil, merupakan salah satu hewan di ambang kepunahan. Sebuah tumor ganas mengancam hewan marsupial karnivora terbesar di dunia ini.
Bertahun-tahun tumor ganas di wajah yang membuat hewan seukuran anjing ini tak bisa makan membuat ilmuwan kebingungan mengatasinya. Namun sekarang, para ilmuwan telah menemukan penyebab tumor ini merebak pada hewan endemik pulau Tasmania, Australia, itu.
Sebuah riset internasional telah berhasil memisahkan gen penyebab tumor ganas itu. Satu kesimpulan telah didapatkan, gen itu tumbuh dalam sel yang melindungi syaraf hewan yang lebih berkerabat dekat dengan tikus daripada anjing itu.
Seperti dilansir dalam sebuah jurnal ilmiah Jumat 1 Januari 2010 ini, serangkaian percobaan telah dilakukan untuk mendiagnosa tumor ini. Berikutnya, para ilmuwan mengejar penyebab mutasi yang membuat sel-sel ini menjadi ganas, sehingga suatu saat bisa dicarikan vaksin atau perawatan khusus.
"Jarum terus berdetak," kata ketua tim peneliti Elizabeth Murchison dari Australian National University melalui telepon dari Tasmania. "Sangat sedih membayangkan setan-setan ini tak akan ada lagi lima puluh tahun lagi karena mereka sangat mudah mati."
Hewan yang telah dibuat terkenal oleh kartun Looney Tunes dengan nama Taz ini memang mudah mati jika mengidap tumor ini. Ilmuwan menemukan tumor berkembang ketika sesama Setan Tasmania menggigit di wajah. Sejak penyakit ini muncul, populasi mereka menciut lebih dari 70 persen.
Setan Tasmania ternyata, kata peneliti itu, membawa sejumlah tipe kanker dalam gennya. Sebuah mutasi yang belum berusia 20 tahun telah berkembang dalam sel yang disebut Schwann, sebuah sel memproduksi myelin, yang penting untuk syaraf. Setan Tasmania yang mengalami mutasi ini jatuh sakit, lalu menularkan dengan menggigit Setan yang lain.
Mutasi lalu berkembang menjadi sebuah kanker. Gigitan yang sakit ke yang sehat telah mentransplantasikan sel kanker hidup. Tim peneliti telah mengumpulkan 25 tumor dari Setan yang berbeda dan ditemukan bahwa tumornya identik.
Dan di dunia, hanya ada dua macam kanker yang berkembang dengan cara ini. Kanker kedua berkembang pada anjing, yang ditransmisikan melalui hubungan seksual


baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sponsors

BlogCatalog Computers blogs free web site traffic and promotion Technology Blogs - Blog Rankings Top10Rank Computers
mobila bredband Top Blogs Computers Blogs
blog directory Computers blogs
webbhotell lista