contact me : cah.lanan6@gmail.com. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Senin, 15 Agustus 2011

Cara Menampilkan File Hidden Yang Hilang oleh Virus

0 komentar
Pernah file dan/atau folder-folder kamu hilang karena komputer terserang virus? Tenang…! Tidak perlu panik dulu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tutorial bagaimana mengembalikan file dan folder yang “hilang” (sebenarnya hanya ter-hidden alias disembunyikan) oleh virus. Meski kasus seperti ini sudah lama muncul, virus-virus baru masih saja hobi mengulangi kasus meng-hidden file seperti ini.



Perlu ditekankan bahwa file dan folder yang bisa dikembalikan menjadi normal adalah file atau folder yang “hanya” disembunyikan oleh virus. File dan folder yang benar-benar hilang atau terhapus tidak bisa dikembalikan lagi, kecuali menggunakan sistem restore.

Akhir2 ini sering kali baik flashdisk, ataupun memori handphone Anda yang pokoknya kalo sudah dipindah2 dari satu komputer ke komputer lain sudah pasti kena virus.. entah itu virus trojan, worm, parity, folder.htt, autorun, dll.

Seperti contoh pada gambar di bawah ini :



Kadang2 setelah virus dibersihkan belum tentu file atau folder yang ada didalamnya bisa muncul alias tetap disembunyikan (hidden). Yang hebatnya lagi bukan sekedar hidden saja, karena tidak bisa langsung dimunculkan dengan click kanan pilih properties gitu soalnya sudah didisable. Sebenarnya file tersebut selain di hidden juga diberi attribut system jadi tidak bisa sembarang ganti dari windows langsung.

Ini ada trik supaya bisa memunculkan kembali file yang sudah dihidden, cukup dengan membuka Command Prompt dari Start – All Program – Accessories – Command Prompt atau dari Start – Run, ketikkan ‘cmd’ lalu Enter.


Setelah itu baru ketikkan perintah berikut : attrib -s -h *.* /s /d (lalu enter). Nunggu sebentar sampai muncul kembali ke tanda prompt drive Anda.

Selesai sudah … file Anda akan kembali seperti semula.
Satu lagi yang perlu diperhatikan.. jika pada bagian root drive ada file seperti autorun.inf, folder.htt atau thumb.db harap dihapus saja… Karena file tersebut kemungkinan adalah file virus juga.

Untuk mempermudah pengetikan proses ini dapat dibuat sebuah batch file dengan cara mengetikkan :
H:\copy con restore.bat
attrib -s -h *.* /s /dLalu tekan Ctrl-Z atau [F6]. Kemudian untuk menjalankannya cukup ketikkan: Restore [enter].


Jika cara diatas belum berhasil anda bsa melakukan dengan cara dibawah ini :
1. Klik start ► run ► regedit

2. Masuk ke HKEY_CURRENT_USER
Software ► Microsoft ► Windows ► CurrentVersion ► Explorer ► Advanced

3. Pada bagian windows sebelah kanan klik kanan ► New DWORD Value
beri nama "ShowSuperHidden" (tanpa tanda petik. Bila "ShowSuperHidden" sudah tersedia anda cukup menggubahnya value nya menjadi 1

Alternatif:
Bila cara diatas sudah anda lakukan, tapi tidak berhasil juga sedangkan anda sangat membutuhkan data atau file yang terhidden tersebut maka bisa anda lakukan dengan cara dibawah dengan tingkat keberhasilan 100% tanpa gagal. Namun syaratnya adalah anda tidak boleh lupa alamat sub-sub folder tempat file anda disimpan.

Supaya anda tidak binggung saya berikan langsung tips berikut penjelasannya dibawah ini:

Misalkan data anda yang dihidden anda simpan di drive D dengan nama folder Download dan file anda tersimpan dalam sub folder Bravo12.
Maka untuk membuka file nya anda cukup menuliskan alamat diatas pada kolom address sebagai berikut: D:\download\Bravo12\bravo12
Bila alamat atau lokasi penyimpanan yang anda tuliskan benar, maka file anda yang terhidden akan terbuka.
Supaya lebih jelas silakan lihat gambar dibawah ini :


Bila anda tidak salah menuliskan alamat file yang terhidden pada kolom address diatas, maka sudah dapat dipastikan file yang terhidden akan terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sponsors

BlogCatalog Computers blogs free web site traffic and promotion Technology Blogs - Blog Rankings Top10Rank Computers
mobila bredband Top Blogs Computers Blogs
blog directory Computers blogs
webbhotell lista