contact me : cah.lanan6@gmail.com. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Rabu, 02 November 2011

Stray Dog

0 komentar
Stray Dog (Akira Kurosawa, 1949)
"There are no bad people in the world, only bad environments."

Stray Dog adl film noir klasik Jepang, yg meskipun dibuat thn 1949 dan merupakan lesser known film dr Kurosawa, tapi berasa familiar. Bukan saja film-film acclaimed Kurosawa saja yg banyak menjadi inspirasi dan dikopi Hollywood, ternyata film spt Stray Dog ini juga tdk lepas dicaplok. Dr karakter, plot, twist, dan set pieces-nya bisa kita liat di bejibun film Hollywood, terutama film police thrillers. Sbg contoh, salah satu adegan yg langsung terpikir di benak gue adl saat Murakami dan Sato sedang mencari incaran mereka saat pertandingan baseball, Sato punya ide utk memanggil nama orang itu melalui pengeras suara. Tiba-tiba gue inget dgn salah satu film Lethal Weapon saat si Mel Gibson manggil-manggil penjahatnya melalui pengeras suara saat pertandingan hoki. Terus contoh lainnya adl dr Die Hard With A Vengeance, saat McClaine berhasil melacak si Simon Gruber berdasarkan korek api dr suatu hotel, adegan tsb juga sudah lebih dahulu ada di Stray Dog. Dan tentu saja Stray Dog juga bisa disebut “buddy cop” movie. Murakami yg masih muda dan blm berpengalaman yg lebih mengandalkan temperamennya dlm mengambil tindakan sementara Sato adl seorang senior yg sudah banyak makan asam garam dan lebih bijaksana, banyak mengeluarkan kata-kata filosofis dr mulutnya. Se7en, anyone? Somerset the wise and Mills the headstrong?


Stray Dog bercerita ttg polisi rookie Murakami (Toshiro Mifune) yg kehilangan senjatanya sebuah pistol saat kecapean pulang dr kantor polisi di suatu bus penuh sesak yg ditumpanginya. Ternyata pistolnya itu dicopet, dan ketika dia menyadarinya ada seseorang yg turun dan berusaha dia kejar tapi berhasil meloloskan diri. Penuh dgn rasa malu dan bersalah krn tdk bisa mempertanggungjawabkannya dia meminta petunjuk kpd atasannya, yg menugaskannya utk segera mencarinya. Semakin lama Murakami semakin tdk bisa menerima keadaan ini dan putus asa, lalu meminta bantuan kpd seniornya Sato (Takashi Shimura, salah satu member di film Seven Samurai juga). Setelah ada perampokan yg menimbulkan korban tewas dan setelah diselidiki ternyata pelurunya adl berasal dr pistolnya si Murakami, hal tsb semakin membuatnya tdk karuan dan rasa bersalahnya yg menjadi-jadi membuatnya sempet ingin mengundurkan diri sbg polisi.

Stray Dog adl film ttg prosedural polisi yg lebih ke karakternya drpd plotnya, yg membedakan Stray Dog dgn noir/ thriller lainnya adl adanya nilai moral yg dijunjung tinggi dan suatu etika dan pertanggungjawaban diutamakan tanpa ada kesan keheroikan, patriotisme, atau sok jagoan, menjadikan karakter-karakternya lbh manusiawi. Karakter-karakter antagonisnya juga tdk digambarkan dgn hitam putih, tapi ada ruang abu-abu yg membuatnya juga manusiawi, as flawed as the protagonists were. Yg realistik juga adl lingkungan yg ditampilkan saat lagi panas-panasnya musim panas, menunjukkan keadaan sosial kelas menengah ke bawah Jepang pasca PD II, menambah nuansa keotentikan filmnya. Bagaimana pencarian Murakami bisa membawanya ke pasar gelap perdagangan senjata ilegal di Tokyo dgn segala aspeknya ditonjolkan. Yg menjadi ironi adl hanya krn keteledoran Murakami sbg seorang polisi rookie bisa menimbulkan ekses dan dampak yg sangat besar, mempengaruhi nasib banyak orang, yg juga Murakami sendiri sadari, dan juga mempengaruhi karir dan dirinya sbg polisi. Kalo kita liat film noir biasanya karakter-karakternya itu adl sedemikian rupa innocent, naif atau cool, heroic, evil atau larger than life dgn setting yg eksklusif (contohnya adl The Third Man). Tidak demikian dgn Stray Dog, yg bisa menghidupkan karakter-karakter baik protagonis maupun antagonisnya yg manusiawi di tengah-tengah lingkungan yg realistik tdk dikondisikan tertentu. Stray Dog is a little and lesser known gem waiting for bigger audience to find it. Don’t miss it. Kalo ngga salah Criterion juga akan merilis DVDnya thn ini.

Oh iya, berbanggalah Gesang, salah satu pencipta lagu nasional kebanggaan Indonesia, krn ternyata lagunya Bengawan Solo dijadikan soundtrack di pertengahan film Stray Dog yg digubah dlm bhs Jepang. Bener adanya bahwa lagu ini memang populer di Jepang sana.


Full Metal Jacket

The Prestige (Perang dalam Dunia Sulap)

A SONG FOR A RAGGY BOY

Stray Dog

The Book of Eli

CITY OF LIFE

NINE

MICHAEL JACKSON – This Is It!

KING

GARUDA DI DADAKU

Valkyrie

ELEGY

Atonement

Seraphim Falls

Gran Torino

THE PAINTED VEIL

LA NIÑA SANTA

Ennui

The Messenger

HOSTEL

REDACTED (2007)

IRON MAN

Film Atonement

Dororo

The Last King of Scotland

Denias

Seraphim Falls

X-Men: The Last Stand

NOBODY KNOWS

SILENT HILL

CAPOTE

The Pool

Dog Soldiers

The Hours

Final Destination 2

Catch Me If You Can

The Prestige

road to perdition

The Notebook

i am sam

DRAGON ZAKURA

Saur Sepuh

BROKEBACK MOUNTAIN

The Green Mile

The Vampire Assistant

A Walk To Remember

August Rush (2007)

Legends Of The Fall

Fireproof

the Last Samurai

The Mighty

Saving Private Ryan

review film Life is Beautiful

review film Schindler's List

review film Surat Kecil Untuk Tuhan

sweet home alabama

Never Been Kissed

review film closer

Pay it Forward

1 Litre of Tears

Hachiko: A Dog's Story

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sponsors

BlogCatalog Computers blogs free web site traffic and promotion Technology Blogs - Blog Rankings Top10Rank Computers
mobila bredband Top Blogs Computers Blogs
blog directory Computers blogs
webbhotell lista